Esensi Ibadah Kurban

Selamat pagi rekan-rekan semua. Bagaimana kabarnya?. Semoga teman-teman selalu dalam keadaan yang sehat dan tidak kurang suatu a. Dengan kondisi badan yang sehat, barang tentu akan memudahkan kita untuk melakukan berbagai aktivitas keseharian kita. Kita tidak mau bukan kalau aktivitas keseharian kita terganggu gara-gara kita jatuh sakit. Oleh karena itu, jagalah selalu kesehatan. Kesehatan merupakan hal yang amat mahal, dengan demikian mencegah akan lebih baik dibandingkan dengan mengobati.

Tanpa terasa waktu terasa begitu cepat berganti ya rekan-rekan, begitu banyak rutinitas dan kegiatan yang telah kita lakukan. Besok tepatnya tanggal 10 Dzulhijjah merupakan hari raya Idul adha 1432 H. Hari raya tersebut bertepatan dengan tanggal 6 November 2011. Menghadapi hari raya idul adha merupakan hal yang sangat menyenangkan, terutama bagi saya.

Akan tetapi pada idul adha tahun ini saya belum bisa pulang merayakan hari raya idul adha bersama dengan keluarga besar saya. Saya saat ini masih berada di perantauan, istilah kerennya adalah mencari sesuap nasi,hee… Gaya banget ya bahasanya. Tapi itulah… Tapi saya selalu mensukuri apa yang telah saya peroleh dan dapatkan. Saya percaya jika kita pandai bersyukur, Insyaallah Tuhan akan menambah nikmat kepada kita. Tapi kita tentu tidak lupa untuk berusaha dan berdoa.

Walaupun hari raya idul adha ini saya tidak pulang, tapi setidaknya saya punya rencana untuk berkunjung dan silaturahmi ke rekan diseberang kota. Jika saya paksakan pulang, waktunya terlalu mepet. Mengingat jarak dari tempat saya bekerja sekarang dengan tempat tinggal orang tua saya cukup jauh.

Mengingat besok akan menghadapi hari raya idul adha, hari ini atau tanggal 9 Dzulhijjah disunnatkan untuk berpuasa. Idul adha merupakan hari raya umat muslim yang mengingatkan kita untuk ikhlas berkurban. Jadi, harapannya esensi dari ibadah kurban tersebut bisa diaplikasikan pada kehidupan kita sehari-hari. Intinya kita sebagai makhluk sosial sebaiknya sering membantu sesama dengan ikhlas (Ditulis oleh Priyono)

 

Tinggalkan Balasan

